Friday 22 July 2016

TRIK RAHASIA AGAR CANGKOK TANAMAN BERHASIL



TRIK RAHASIA AGAR CANGKOK TANAMAN BERHASIL

            Memperbanyak tanaman  dengan cara vegetatif memang menjadi satu alternative perbanyakan tanaman yang banyak di pilih untuk mendapat bibit tanaman unggul, yang sama karakteristiknya persis seperti  tanaman induknya, salah satu caranya adalah dengan menyangkok.

           Mencangkok cukup popular dilakukan karena caranya cukup mudah dan tidak memerlukan tekhnik khusus untuk melakukannya, dan cukup murah juga di aplikasikan karena menggunakan bahan2 yang  mudah didapat disekitar kita. Tekhnik dan cara dasarnya pun hampir  setiap orang tahu dan juga mengerti  langkah - langkahnya, karena  saat dibangku sekolah dasar pun kita pernah mendapat pelajaran tentang tekhnik mencangkok tersebut.

           Masalahnya adalah setelah tekhnik2 tersebut di terapkan dilapangan, terkadang hasilnya berkata lain, banyak diantaranya yang mengalami kegalan saat mempraktekan tekhnik tersebut, padahal semua step – step sudah dilakukan sesuai instruksi yang diajarkan. 
Pertanyaannya adalah apakah ada yang salah dengan tekhnik yang diajarkan di sekolah...?    Jawabnya adalah tidak,….!   Ya mungkin hanya ada perlu ada tambahan sedikit saja….  Karena  99% tekhnik yang diajarkan sudah benar…

            karena itulah tutorial ini hadir untuk anda yang masih penasaran dengan tekhnik mencangkok tanaman yang sering gagal & tidak menhasilkan akar. sama seperti saya, sejak jaman sekolah dasar sampai  lulus smu tidak pernah berhasil mempraktekan tehnik mencangkok seperti yang pernah diajarkan di sekolah, dan baru2 ini saja bisa berhasil, setelah mengetahui “rahasia” nya yang sebenarnya sangatlah simple dan mudah.                 
Ok langsung saja kita ke TKP 
                                                                                                                                     
kali ini kita akan mencangkok pohon mangga.
Siapkan alat dan bahan :

-          Pisau / cutter
-          Plastik pembungkus , ukuran 1 kg / kantong kresek, atau plastik apa saja.
-          Tali raffia
-          Tanah subur
-          Pupuk NPK
-          Semprotan untuk mandi burung / suntikan dokter bekas
-          Sikat gigi bekas / sikat cuci
-          Air bersih
-          gergaji
Caranya :

-       Pertama pilih batang yang ingin di cangkok ukuran bebas , tapi yang cukup mudah  yang seukuran jari jempol saja. Cari batang yang warnanya kulit masih coklat segar biasanya dekat dengan batang2 muda yang masih berwarana hijau. Karena pada batang seperti ini proses pembelahan sel masih sangat aktiv , sehingga akan mudah tumbuh akar.  Biasanya batang seperti ini ketika dikerat akan menggeluarkan lendir yang banyak dan mudah di kelupas kulitnya.
-         Kerat batang yang sudah dipilih tersebut sepanjang jari kelingking kita , atau seperti instruksi yang pernah diajarkan di sekolah. Lalu kelupas kulitnya dari batang tersebut.
-        Kemudian kerok batang yang sudah terkelupas tadi dengan sisi belakang pisau untuk menghilang kan kambiumya, cuci dengan air menggunakan semprotan burung kemudian gosok dengan sikat gigi bekas / sikat cuci sampai kesat dan tidak terasa licin ketika dipegang.
-         Nah selanjutnya ini dia langkah ” rahasia ” nya, yang dulu tidak sempat dia ajarkan waktu di  bangku sekolah. Caranya adalah “ biarkan hasil keratan di batang tersebut sampai mengering  yaitu sekitar 4 – 6 hari , agar kambium benar - benar hilang dan tidak terbentuk lagi menutupi hasil keratan. “ jadi tidak lansung di bungkus dengan tanah pada hari yang sama saat batang di kerat.
-         Setelah 4 – 6 hari atau kambium benar-benar mengering baru dibungkus dengan tanah subur / tanah biasa yang dicampur sedikit pupuk NPK. Caranya adalah pasang plastik terlebih dahulu mengelilingi batang lalu ikat ujung bawahnya dengan tali raffia sehingga terbentuk seperti kantong / cawan atau drum, lalu isi dengan tanah lewat sisi atas sambil dipadatkan. Pemilihan material pembungkus berupa plastik disini dimaksudkan agar tanah lebih kedap, jadi kelembaban tetap terjaga sehingga tidak perlu sering2 menyiram cangkokan.

-          Isi tanah melebihi tinggi keratan, misal keratan sepanjang 5 cm maka isi tanah setinggi 10 cm. karena akar akan tumbuh dari kulit batang bagian atas keratan, bukan dari dalam keratan. Fungsi keratan adalah untuk memutus jalur makanan / nutrisi yang dihasilkan dari hasil foto sintesis ke seluruh bagian tanaman, Sehingga terkumpul di satu tempat, lalu karena bagian tersebut terdapat gumpalan tanah maka tanaman membentuk akar.
-          Setelah  plastic terisi tanah hingga penuh, ikat ujung atas plastic dengan tali raffia dan juga bagian tengahnya agar lebih kuat.
-          Periksa seminggu Sekali kalau perlu tambahkan air yang diberi larutan pupuk npk dengan menyuntiknya dengan suntikan dokter bekas atau dengan semprotan burung dengan sedikit membuka ikatan ujung atas cangkokan.
-          Setelah 1 - 2 bulan biasanya sudah terlihat akar keluar dari dalam tanah cangkokan melalui sela – sela plastic.  Kalau dirasa sudah cukup banyak bias segera disapih dari induknya.
-          Sebelum menyapih atau memotong hasil cangkokan , 3 hari sebelumya buang semua daun yang ada di batang hasil cangkokan sisakan 3 lembar daun saja di tiap ujung nya lalu potong jadi setengah tiap lembar daunnya, fungsinya adalah untuk mengurangi penguapan ketika sudah disapih dari induknya dan juga untuk mengurangi beban daya dukung akar yang masih baru.
-          Setelah 3 hari semenjak pengurangan jumlah daun potong bagian bawah cangkokan dengan hati2 menggunakan gergaji ( lebih mudah menggunakan gergaji besi ) sambil  memegangi ujung atas batang dan bungkusan tanah cangkokan, usahakan 2 orang yang mengerjakan agar aman karena akar masih sangat rapuh.
-          Lalu setelah dipotong lepaskan plastic pembungkus cangkokan kemudian masukan dalam polibag besar / kantong kresek besar dan tambahkan tanah. Letakan ditempat yang teduh tidak terlalu terkena terik matahari. Rawat secara intensif selama 1 bulan sampai tumbuh tunas2 daun baru, setelah daun dirasa cukup banyak silahkan di pindahkan kepekarangan atau ditanam langsung ditanah.

Itu tadi step – step TRIK RAHASIA AGAR CANGKOK TANAMAN BERHASIL 
semoga berhasil saat di praktekan. 
Sekian dan semoga bermanfaat…

Terima Kasih sudah mampir di blog saya : SERBA GAMPANG dot com

BACA JUGA :
KUMPULAN ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

2 comments: