Friday 22 July 2016

TRIK MEMBUAT MERPATI / DARA GIRING




Membuat Merpati / Dara menjadi Giring

         Buat seorang pecinta Burung Merpati atau Burung Dara memiliki Burung Dara yang Giring adalah salah satu keharusan, karena jika burung merpati ini tidak giring maka akan sulit untuk melombakannya.
merpati yang giring adalah " ketika si jantan mengikuti kemanapun betina pergi, saat sayap betinanya di klepek kan " oleh si pemilik burung, dengan segera sijantan akan mendekat pada betinanya.                         masalahnya terkadang merpati jantan tidak giring selamanya, ada masa - masa dimana terjadi kebosanan atau faktor psikologi lainya yang kadang membuat merpati jantan yang awalnya giring keras menjadi malas - malasan nyamperin betinanya dan bahkan kadang ogah2an sama sekali ketika di klepek oleh pemiliknya, kondisi seperti ini pastinya sangat menyebalkan karena merpati tidak bisa diajak untuk bermain.

        Biasanya Burung merpati akan giring keras / keket / keplek saat akan bertelor tampak si jantan akan mengikuti kemanapun betina pergi. cuma sayang nya saat kondisi seperti ini si betina akan lemah karena kondisinya sedang tidak stabil, dan sifatnya giringnya juga sementara. untuk membuat merpati menjadi giring biasanya segala cara dilakukan bahkan beberapa ada yang memberikan obat giring dsb. padahal terkadang cara tersebut tidak berhasil efektif sama sekali. beberapa makanan juga kadang diberikan misalkan buntut cicak, cabe, jahe dan aneka bahan aneh - aneh lainnya. tapi sekali lagi berdasarkan pengalaman saya semua itu tidak efektiv sama sekali.

        Sebenarnya untuk membuat Merpati menjadi giring tidaklah terlalu sulit, dan caranya pun sangatlah sederhana, tidak memerlukan obat - obatan atu memeberi ramuan khusus. hanya memberikan perlakuan yang cukup simple saja. dengan catatan kedua burung yaitu merpati betina dan jantan sudah jodoh atau kawin dan pernah giring juga sebelumnya. pengalaman ini saya dapat dari om saya yang memberi tahu saya saat burung merpati saya cukup lama tidak giring, dan akhirnya sayapun iseng mencobanya walaupun sebelumnya antara percaya dan tidak percaya, tapi tak coba saja istilaeh "nothing to lose" alias ga ada ruginya.

        Buat yang mau ikutan mencoba juga silahkan, tapi mungkin seandainya hasilnya berbeda ya mungkin ada faktor lain yang mempengaruhi misal faktor psikologis burung yang memang bermasalah dan lain2.
okeh langsung saja

Membuat Merpati / Dara menjadi Giring


BACA JUGA :
KUMPULAN ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

 1 - Yang pertama harus dilakukan adalah masukan pasanga merpati kedalam beseknya ( kandang yang terbuat dari anyaman kayu bambu seperti gambar diatas )

2 - letakan besek tersebut ditempat yang agak gelap tidak terena cahaya matahari langsung ( misal dikolong bale2, lemari , tempat tidur , dll  )

3 - Beri makan atau minum seperti biasanya, tapi jangan dikeluarkan dari beseknya, masukan makanan / minum kedalam besek, biarkan besek terbuka sedikit saja, kira - kira selebar telapak tangan kita, atau caranya dengan memasukan tangan kta yang berisi jagung kedalam besek, biarkan merpati makan dari telapak tangan kita.

4 - Biarkan disitu minimal selama 3 - 5 hari ( istilahnya di "Kerem" ) beri makan / minum seperti biasa

5 - Setelah hari ke 3 atau ke 5 keluarkan merpati lalu langsung mandikan keduanya ( Jantan & Betina )

6- Kemudian jemur keduanya dibawah sinar matahari menggunakan Kurungan yang cukup besar (misal  kurungan ayam jago) sampai kering, paling bagus antara jam 9 pagi sampai 12 siang, jadi pastikan hari itu cuaca cerah atau tidak mendung



7 - setelah kering coba di tes klepek apakah berhasil giring atau tidak, tapi dari pengalaman saya alhamdulilah selalu berhasil, lebih efektif kalo pas dites ada merpati jantan lain juga disitu, jadi akan membuat merpati jantan kita semakin cemburu, dan akhirnya giring keras ke betinanya

        ya sesimpel itu, jadi silahkan tidak ada salahnya untuk, dicoba semoga anda juga bisa
Membuat Merpati / Dara anda menjadi Giring dan berhasil seperti saya.
semoga bermanfaat.....

terimakasih sudah mampir di blog saya

16 comments:

  1. Bang kalo besek diganti kardus bisa ga?kata temensaya kalo mau kerem pas malem aja kalo siang taruh ke kandang,bener kagak?? Fast rawspon pls

    ReplyDelete
  2. Bang kalo besek diganti kardus bisa ga?kata temensaya kalo mau kerem pas malem aja kalo siang taruh ke kandang,bener kagak?? Fast rawspon pls

    ReplyDelete
  3. Kayanya ini cara jadul banget hehe.. skrng udh jarang dipake ma penghobi..

    ReplyDelete
  4. Cara di atas beda banget ma ane lakuin saat mau giringin burung atau jodohin burung baru hingga giring.

    ReplyDelete
  5. kalo saya suka mandiin dulu lalu jemjur terus kerem pake besek

    ReplyDelete
  6. Cara kalian sangat ribett😮.. kalo sya cukup keram dua hari sama pasangan nya terus mandikan kedua burung trsbut lalu jemur sampe 2 jam.. susudah itu keram lagi dari pagi sampe sore bersam jantan lain... berbagi ilmu itu lbih baik😊

    ReplyDelete
  7. Kalo saya 1MandikanBurung2Jemur3MasuknDalamKandangBesar4MasukanBesek5kasihmakan6KeremSampe16hari

    ReplyDelete
  8. Yg asli yg mana hmmm blenger

    ReplyDelete
  9. Kawinkan di malam hari selama 3 malam ber turut turut dengan sarat burung harus kawin, siang nyah di simpen di besek selama 3 hari, insya allah di hari ke 4 giring keras setelah di cemburuin sama jantan lain..

    ReplyDelete
  10. Klo gua sih simple .paggi mandi smpe basah trus jemur ampe kering 2 jam lah . Lalu masukan ke dus atau dupon . Sore nya keluarin usahain kawin ..hari kedua pun sama sampe hari ke 3 namun tanpa mndi tanpa jemur ..

    ReplyDelete
  11. yg mana yg bnr niee.. .wkwkwk.. bingung

    ReplyDelete
  12. Cukup disekap seharian di gupon
    jgn lupa sediakan makan dan minum

    ReplyDelete
  13. kasih kencur sore hari sekep di besek paginya juga udah giring

    ReplyDelete